Berita Cosplay

Sejarah Perkembangan cosplay di Indonesia

Sejarah Perkembangan cosplay di Indonesia

Saat ini mungkin kita akan dengan mudah menemukan komunitas-komunitas cosplay di Indonesia,di berbagai kesempatan event yang bertemakan budaya Jepang,sangat banyak ditemui anak-anak muda melakukan hobi permainan kostum atau biasa disebut cosplay.

Hal ini tentu menjadi bukti begitu pesatnya Perkembangan dunia cosplay di Indonesia,hobi cosplay memang menjadi salah satu hobi menyenangkan yang paling banyak digemari anak-anak muda di Indonesia.
peminat hobi cosplay pun terus berkembang dari tahun ke tahun,bahkan saat ini pelaku hobi cosplay tersebar di berbagai rentang usia,mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.
namun,tahukah kamu kapan hobi permainan kostum atau cosplay ini mulai muncul dan berkembang di Indonesia?

berikut ulasan cosplayerindonesia.com

Sejarah cosplay di Indonesia

Hobi Cosplay awalnya  mulai marak berkembang di Indonesia pada pertengahan tahun 90an hingga akhir dekade 90an,hal tersebut diyakini karena pada era tersebut stasiun TV swasta maupun TVRI mulai banyak menayangkan serial-serial anime & tokusatsu asal jepang.

pada dekade yang sama,maraknya invasi manga atau komik asal jepang di Indonesia juga berkontribusi besar atas tumbuhnya berbagai macam komunitas pecinta jejepangan di kalangan anak muda 90an,saat itu mulai banyak anak-anak muda di Indonesia yang tertarik akan budaya-budaya jepang dan mereka mulai membentuk komunitas jejepangan.

namun meski sudah ada beberapa komunitas jejepangan,pada saat itu cosplay tidak begitu banyak di kenal di Indonesia,cosplay masih menjadi hobi yang terkesan “aneh” dan mahal kala itu,
akibatnya cosplay hanya dilakoni oleh beberapa orang saja,si ratu cosplay Indonesia ‘Pinky Lu Xun’ menjadi salah satu cosplayer generasi pertama di Indonesia.

Baca Juga

 awal milenium baru bisa dikatakan menjadi titik awal perkembangan pesat hobi cosplay di Indonesia,hal ini didasari oleh industri penyiaran tanah air yang mulai kedatangan saudara-saudara barunya,
memang sejak pecahnya reformasi di tahun 1998,banyak undang-undang yang mengalami perubahan,salah satunya adalah peraturan tentang industri pertelevisian yang memperbolehkan beridirnya stasiun TV swasta baru.

di awal era 2000an  banyak stasiun-stasiun TV swasta nasional baru yang melakukan siaran pertama mereka,dan serial anime-anime  jepang ataupun tokusatsu asal jepang menjadi andalan siaran mereka,
salah satu yang memorable tentunya tayangan-tayangan anime yang pernah disiarkan oleh stasiun TV7.

rating yang tinggi menjadikan banyak stasiun-stasiun TV swasta nasional lainnya mulai berlomba-lomba menayangkan serial-serial anime,tokusatsu dan tayangan bernuansa jepang lainnya,bahkan setiap hari minggu pagi,

tayangan anime seperti menjadi tayangan wajib bagi para stasiun TV swasta di Indonesia,bisa dibilang kalau awal tahun 2000an hingga pertengahan 2000an adalah masa kejayaan anime & tokusatsu di Indonesia.

efek domino dari banyaknya tayangan anime & tokusatsu di TV Indonesia berbanding lurus dengan semakin banyaknya generasi muda yang mulai mencintai budaya jejepangan,
mereka pun mulai membentuk komunitas-komunitas pecinta budaya jepang,hingga komunitas-komunitas cosplay di Indonesia.

komunitas-komunitas tersebut pun mulai banyak yang mengadakan event bertema jepangan,seperti Gelar Jepang UI yang sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya,Gelar Jepang UI bisa dikatakan sebagai salah satu pionir pelaksana event jejepangan di Indonesia.

Beranjak dari Event bertema Jepangan tersebut, beberapa pemuda-pemudi mulai memperagakan hobi permainan kostum atau cosplay,yang mengambil referensi dari anime dan manga Jepang.
kegiatan tersebut pun Berlanjut hingga sekarang dan semangatnya diwariskan ke junior-junior mereka,bahkan saat ini hampir setiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta,

mulai dari event sekolahan,event kampus hingga event berskala nasional dan internasional seperti hellofest,ennichisaidan hingga Anime Festival Asia,
tidak hanya di Jakarta,di kota-kota besar lainnya di Indonesia pun sering diadakan event jejepangan yang selalu dipenuhi oleh cosplayer-cosplayer muda penuh talenta


Satu hal yang menarik untuk dipertanyakan adalah,apakah hobi cosplay ini akan tetap bertahan di Indonesia hingga beberapa tahun ke depan ?
atau kah akan punah ditelan perkembangan zaman.??
Jawabannya Tentu dipegang oleh kita para cosplayer & para pecinta cosplay,apakah akan mempertahankan hobi menyenangkan ini.
atau akan meninggalkannya dan membiarkan hobi cosplay punah di Indoensia

salam cosplayer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Content is protected !!