Berita Cosplay

hijab cosplayer,antara iman dan hobi

 
 
 

Pada artikel sebelumnya cosplayerindonesia.com pernah membuat sebuah tulisan mengenai hobi cosplay dari sudut pandang agama islam,beserta dengan hukum bercosplay dalam sudut pandang Islam.

 

berkaitan dengan isi artikel tersebut kali ini cosplayer Indonesia akan sedikit membahas mengenai fenomena hijab cosplayer di kalangan para cosplayer Indonesia dan dunia Cosplay tanah air,fenomena yang masih layak dibahas karena sampai saat ini masih terjadi pro kontra mengenai hijab cosplayer itu sendiri.

Definisi  Hijab Cosplayer

mungkin sebagian dari kalian akan bertanya,apa sih hijab cosplayer itu .??

secara garis besar,hijab cosplayer adalah seorang cosplayer  yang memerankan suatu karakter yang akan dicosplaykan,namun dengan kostum yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak melanggar aturan-aturan dalam ajaran & syariat agama islam.


mayoritas hijab cosplayer biasanya akan memodifikasi kostum yang akan dia peragakan menjadi lebih tertutup dan tidak memperlihatkan aurat-aurat yang memang dilarang untuk diperihatkan dalam ajaran-ajaran agama islam,satu hal yang paling menarik perhatian dalam modifikasi kostum para hijab cosplayer tentunya terletak pada bagian rambut suatu karakter yang akan dicosplaykan.

 

bila pada umumnya para cosplayer menggunakan wig untuk menunjang hobi cosplay nya,para hijab cosplayer biasanya akan memodifikasi hijab yang mereka gunakan sehingga menyerupai wig dan mendekati rambut dari karakter asli yang akan diperagakan.

Sejarah Hijab Cosplayer 

 

dalam beberapa puluh tahun ke belakang,laju era globalisasi bergerak sangat cepat dan pesat sehingga hampir tak bisa dibendung lagi,modernisasi telah mencangkup berbagai aspek dalam kehidupan sosial manusia,hal tersebut berpengaruh juga kedalam perkembangan dunia fashion dan tata cara berpakaian manusia.

Baca Juga


berkembanganya dunia fashion nyatanya juga sangat berpengaruh dalam style anime & manga ,banyak mangaka ataupun studio anime yang mulai beradaptasi dengan perkembangan fashion global,hal tersebut berdampak pada perubahan fashion dalam anime & manga.

efeknya semakin banyak karakter dalam anime & manga yang fashion nya mulai sedikit terbuka,dan bagai efek domino,style dalam anime pun sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia cosplay,
para cosplayer pun dituntut untuk membuat kostum yang cukup terbuka agar bisa mendekati karakter dalam anime atau manga tersebut.

hal ini tentunya menjadi suatu halangan bagi para cosplayer yang beragama Islam,karena memang dalam hukum Islam tersebut ada pelarangan bagi umat Islam untuk memperlihatkan auratnya.

atas alasan itu pula akhirnya secara alami berkembang sebuah genre baru dalam dunia cosplay,yaitu hijab cosplayer
hijab cosplayer seakan menjadi jawaban bagi mereka yang ingin tetap menjalani hobi cosplay,namun tidak terkendala oleh larangan-larangan dalam hukum Islam.

fenomena  Hijab cosplayer sendiri awalnya berkembang dan populer dari negeri jiran malaysia,
sekitar  tahun 2016-2017 seorang make up artist berhijab asal malaysia ‘Saraswati’,sempat viral di jagat maya karena memposting beberapa keahliannya dalam make up,dengan sedikit modifikasi pada hijab,dia sukses memerankan karakter Disney tanpa harus melepas hijabnya.

hal tersebut sepertinya jadi inspirasi untuk cosplayer-cosplayer di negeri Jiran untuk memerankan karakter dalam anime & manga tanpa harus melepas hijab nya,salah satu hijab cosplayer yang populer di negeri Jiran malaysia adalah Misa “MHC”,misa menyebut dirinya sebagai “Malaysian Hijab Cosplayer”.

 
 

Perkembangan Hijab Cosplayer di Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam,tentu nilai-nilai agama Islam masih banyak dipegang teguh oleh banyak masyarakat Indonesia,tak terkecuali bagi para penggiat hobi Jejepangan.

 

berkaitan dengan hal tersebut,pada sekitar awal tahun 2010 an muncul lah berbagai macam komunitas Otaku berbasis Syariah,diantaranya dalah “Islamic Otaku Community” ,
Islamic Otaku Community menjadi wadah bagi mereka yang beragama islam tetapi tetap bisa menjalankan hobi jejepangan tanpa harus melanggar hukum Islam.



dari komunitas ini pula lah cikal bakal berkembangnya hijab cosplayer di Indonesia,meski awalnya para hijab cosplayer masih sedikit jumlahnya,

namun saat ini mulai banyak para hijabers yang tetap menjalankan hobi & kreativitasnya dalam bercosplay tanpa harus meninggalkan syariat Islam nya dan tanpa harus menanggalkan hijabnya.


 

Kontroversi Hijab Cosplayer

namun dibalik kreativitas para Hijab Cosplayer,ternyata masih terdapat banyak pro kontra mengenai fenomena hijab cosplayer ini,
sebagian kalangan pecinta cosplay menentang keberadaan hijab cosplayer,mereka beralasan bahwa hijab cosplayer dinilai out of character dan dinilai merusak originalitas dan identitas suatu “waifu” nya.


namun sebgaian kalangan lainnya justru mendukung perkembangan hijab cosplayer,dengan alasan hijab cosplayer adalah suatu seni yang memiliki kreativitas tinggi,meski harus mengorbankan identitas asli karakter yang diperankan 

 
 
bagaimana menurut kalian .??
apakah hijab cosplayer memang telah merusak identitas suatu karakter.??
 
silahkan komentar di bawah yaa
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
error: Content is protected !!